DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Vaksin Warga Cakung Dan Duren Sawit

Priyono Minggu | 26 September 2021 | WIB
DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Vaksin Warga Cakung Dan Duren Sawit
Foto: Istimewa

SwaraJakarta.com - DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Vaksin Warga Cakung Dan Duren Sawit

Dalam upaya meningkatkan kekebalan komunal5 masyarakat terhadap ancaman virus Corona, khususnya di DKI Jakarta, pada Minggu 26 September 2021, Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Jakarta Timur bersama Anggota DPR RI Dapil Jakarta Timur, ibu Sondang Tampubolon, serta jajaran PAC Kec. Cakung. Dengan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar vaksinasi Covid 19 gratis bagi warga masyarakat Jaktim khususnya warga kecamatan Cakung.dalam acara tersebut Membuka acara vaksinasi hari ini, anggota DPR RI komisi VI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon, Walikota Jakarta Timur M Anwar, menyampaikan apresiasi kepada DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur atas penyelenggaraan Vaksinasi bagi warga Cakung.

Ketua DPC PDIP Jaktim, Rio Sambodo juga menegaskan bahwa kegiatan vaksinasi ini sebagai bentuk Gotong-royong, memerangi Pandemi Covid 19, dimana Kecamatan Cakung warga yang belum tervaksin mencapai 98.000 orang, berarti yang tervaksin masih dibawah 60%, ini jumlahnya masih tinggi untuk ukuran Kecamatan, untuk itulah DPC PDI Perjuangan Jaktim mengerahkan seluruh pengurus dan anggota di tingkat Cabang, PAC hingga Ranting (RW), di Cakung. untuk melakukan sosialisasi dan mengajak warga masyarakat maupun anak-anak 12 tahun ke atas untuk segera mengikuti vaksinasi.

Makanya dalam rangka mensukseskan vaksinasi skala nasional, kita mencoba melakukan kerja sama dengan DPR RI, harapannya untuk memantik memicu dan memacu partisipasi vaksin oleh warga, sehingga harapan untuk mencapai imuniti komunal sebagaimana sudah dicanangkan Presiden bisa tercapai.

Jadi sejak kemarin kami keliling kampung mengajak vaksin. dan nantinya kita akan tindaklanjuti dengan vaksin keliling ke masyarakat, dor to dor memvaksin warga yang belum ikut vaksinasi Covid 19, tegas Rio Sambodo.

Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan, Sondang Tampubolon juga menegaskan, bahwa selaku anggota DPRRI serta Fraksi PDIP ditugaskan oleh partai untuk turun membantu masyarakat dan pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid 19, baik itu masyarakat yang terdampak secara ekonomi, sosial maupun kesehatan.

Kegiatan vaksinasi massal Covid 19 ini dilakukan di Jakarta Timur yang kedua kali, namun di wilayah lain di DKI Jakarta sudah beberapa kali digelar guna membantu Masyarakat dan Pemerintahan dalam program vaksinasi massal, salah satunya yang diadakan pada hari ini Minggu tanggal 26 September 2021, Mudah-mudahan dalam kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat dan juga untuk mempercepat vaksinasi dalam meningkatkan kekebalan komunal.

Harapan saya masyarakat ada perhatikan atau kepentingan dirinya untuk hidup sehat, sebelumnya kami juga sudah menggelar di tempat-tempat lain dan hari ini kami meminta kepada masyarakat, bahwa PDI Perjuangan terus bersama dengan masyarakat, bersama rakyat walaupun dalam pandemi covid 19. mudah-mudahan dalam vaksinasi ini bisa lebih bermanfaat dan mempercepat immunity.

Masyarakat diharapkan juga terus bersinergi untuk mau ikut divaksin, karena hal itu juga wujud gotong royong melawan Pandemi Covid 19, tegas Sondang Tampubolon.

Walikota Jakarta Timur, M Anwar usai melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi massal DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur di Gedung Sopo Marpingkir HKBP Pulogebang, Cakung menegaskan bahwa pihaknya mengapresiasi Jajaran DPC PDIP Jatim yang telah turut membantu pemerintah dengan kegiatan vaksinasi ini karena peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memerangi pandemi covid 19, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sondang Tampubolon yang juga dapil Jakarta Timur dalam rangka vaksinasi di Pulogebang ini karena memang perlu kolaborasi bersama.

Meski sudah melakukan vaksinasi dan target di Jakarta Timur tercapai, namun kami terus melakukan himbauan pada masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan, sesuai aturan yang ada, agar Pandemi Covid 19 bisa segera berakhir, tegas Walikota Jaktim.

Wilson Panjaitan, Ketua Panitia Vaksinasi DPC PDIP Jaktim juga menambahkan, bahwa vaksinasi sejak tadi malam sudah teregistrasi 1.000 peserta, namun karena tingginya antusias masyarakat Cakung dan Duren Sawit, maka ditambah 300 sehingga total 1.300 vaksin.

Dan untuk tempat kita buat senyaman mungkin agar warga yang antri tetap betah. Dan untuk kelancaran panitia juga sudah menghimbau kepada peserta vaksin untuk menyiapkan fotokopi KTP dan KK maupun pulpen.

Vaksin Pfizer hari ini kita siapkan 1.100 vaksin yang juga bisa diberikan kepada ibu menyusui dan anak usia 12 tahun keatas, sehingga diharapkan bisa bermanfaat.

Dalam kepanitiaan hari ini berjumlah 165 orang dimana 55 orang adalah panitia inti dan Sisanya adalah pengurus PAC serta ranting se- Jakarta Timur, dan kita dibantu anggota DPR RI Sondang Tampubolon. Serta dibantu tim medis dari Puskesmas Kecamatan Cakung dan input data oleh adik-adik mahasiswa.

Untuk pelayanan vaksinasi dibuka jam 8 pagi tutup jam 4 sore, semua dihimbau untuk tertib dan kita bersyukur hingga sore ini berjalan dengan lancar dan ini telah menjadi bagian dari sistem yang sudah terlatih di jajaran DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, untuk membuat kegiatan seperti ini memang tidak mudah apalagi menyangkut orang banyak. Namun kita bersyukur bisa berjalan dengan baik karena diawali dengan petugas yang disiplin sehingga warga masyarakat juga turut tertib dan disiplin, tegas Wilson Panjaitan. (Red).