Channel You Tube Actual TV Meresahkan Warga Membuat Konten Hoax Di Ciduk Polisi

siskafebriana Selasa | 19 Oktober 2021 | WIB
Channel You Tube Actual TV Meresahkan Warga Membuat Konten Hoax Di Ciduk Polisi
Foto: Istimewa

SwaraJakarta.com - Suarabetawi-Jakarta - Kontek-Konten Youtube yang dibuat dan sebarluaskan di media sosial dengan sengaja untuk membuat keresahan , adudomba dan berita-berita hoax lainnya dengan channel youtube Actual TV akhirnya di ciduk oleh Polisi dan digelar pres confrence di Polda Metro Jaya (Jumat, 15/10/2021).

Konten yang dibuat ini di ungkapkan oleh AZ adalah untuk merauk keuntungan semata, dan keuntungan ini bukan nominal yang kecil tetapi sangat besar yaitu 1,8 - 2 Milliar dalam 8 bulan dari AdSense Youtube dengan 765 konten youtube , "papar Hengki - Kapolres Jakarta Pusat.

Dalam kasus ini, polisi juga meringkus dua tersangka lainnya berinisial M dan AF karena dianggap terlibat dalam memproduksi berita hoaks lewat akun Aktual TV.

Polres Metro Jakarta Pusat sebelumnya menangkap AZ yang menjabat Direktur siaran lokal bernama BSTV.  AZ ditangkap atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks yang menimbulkan keonaran.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan AZ ditangkap bersama dua tersangka lainnya yang masing-masing berinisial M dan AF.

Ketiganya ditangkap pada bulan Agustus 2021 di wilayah Bondowoso, Yusri menegaskan bahwa penangkapan ini tidak terkait dengan pekerjaan tersangka AZ di BSTV. Melainkan berkaitan dengan konten hoaks yang dibuat dan disebarkan ketiga tersangka lewat akun YouTube milik tersangka AZ bernama Aktual TV.

Saat ini  berkas ketiga tersangka telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. Dalam waktu dekat ini rencananya tersangka dan barang bukti akan diserahkan ke jaksa penuntut umum atau JPU untuk disidangkan," pungkasnya. (siska)