MUSYAWARAH DAERAH (MUSDA) DPD HIPTASI PROVINSI BENGKULU

Andi gumilar Rabu | 17 November 2021 | WIB
MUSYAWARAH DAERAH (MUSDA)  DPD HIPTASI PROVINSI BENGKULU
Foto: Istimewa

SwaraJakarta.com -
Pada hari Selasa, tanggal 16 Nopember 2021, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hiptasi Provinsi Bengkulu telah menyelenggarakan MUSDA (Musyawarah Daerah) II yang dilaksanakan secara hybrid (online/off line) dimana untuk ofline dilakukan di Kantor Sekretariat DPD HIPTASI Jl. Muhajirin 5, Kelurahan Timur indah-Kecamatan Singaran Pati, Bengkulu, sedangkan untuk on line dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting.
Pelaksanaan MUSDA II HIPTASI Provinsi Bengkulu 2021 dihadiri oleh beberapa DPD HIPTASI Provinsi seluruh Indonesia dan pengurus DPD Hiptasi Propvinsi Bengkulu dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang melalui online dan beberapa orang melalui ofline. Adapun agenda utama Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu yaitu Pemilihan Pengurus Baru dan Ketua Umum DPD HIPTASI Provinsi Bengkulu serta Pembahasan Program Kerja Pengurus Baru tahun 2021 – 2026. Dalam Musda ini Pengurus Hiptasi DPD Bengkulu juga sudah sepakat apabila HIPTASI menentukan Bidang Sertifikasi yang dipilih dan sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional HIPTASI pada Tanggal 4 Oktober 2021, sepakat bila HIPTASI menjadi Asosiasi Khusus dimana mewadahi Tenaga Kerja Konstruksi pada 1 (satu) subkualifikasi yaitu Khusus Gedung sesuai dalam PP No. 14 Tahun 2021.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPD Hiptasi Bengkulu Sucipto, ST. MM yang dalam hal ini diwakili oleh Mahyudin, ST merasa bersyukur telah dapat melaksanakan Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu dengan segala keterbatasan yang ada, karena sampai saat ini pandemi covid 19 belum berakhir juga, tapi berkat dukungan dan semangat dari semua anggota DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu dan juga dari DPP Hiptasi, Musda ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Sucipto, ST. MM juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPD Hiptasi seluruh Indonesia dan para undangan lainnya yang telah hadir dalam acara Musda DPD Hiptasi Bengkulu.


Turut memberikan sambutan dan pengarahan dalam acara Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu yaitu Ketua Umum DPP Hiptasi Ir. Bambang Priyatmoko, MT. Dalam sambutannya Ketua Umum DPP Hiptasi mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu beserta jajarannya yang telah melaksanakan salah satu kewajibannya yaitu menyelenggarakan Musyawarah Daerah, karena Musyawarah Daerah merupakan salah satu persyaratan dari pada Akreditasi Tahap III yang saat ini sedang dipersiapkan oleh DPP Hiptasi agar supaya HIPTASI dapat terakreditasi. Ketua Umum DPP Hiptasi juga memohon dukungan dan kerjasama dari DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu agar supaya usaha DPP dan DPD dalam mengikuti Akreditasi Tahap III ini Hiptasi dapat terakreditasi. Selanjutnya Ketua Umum DPP Hiptasi juga berharap kepada Ketua Umum DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu yang terpilih beserta jajarannya dapat lebih meningkatkan kinerjanya dan kerjasamanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat jasa konstruksi agar supaya apa yang menjadi target pemerintah dalam memenuhi kebutuhan tenaga ahli dan tenaga terampil bersertifikat dapat secepatnya terpenuhi.

Secara umum, Ketua Umum DPP Hiptasi mengharapkan kepada semua DPD Hiptasi seluruh Indonesia memberikan dukungan kepada DPP Hiptasi dalam proses Akreditasi Tahap III ini, sebab tanpa dukungan dari seluruh DPD Hiptasi mustahil DPP Hiptasi dapat bekerja sendiri dalam proses Akreditasi Tahap III ini


Memberi sambutan dalam pelaksanaan Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Ir. Beni Irawan yang dalam sambutannya juga mengharapkan DPD Hiptasi Bengkulu dapat meningkatkan pelayanannya dalam memproses permohonan pembuatan SKA dan SKT sehingga pemohon merasa puas mengurus sertifikasi di Asosiasi Hiptasi. Untuk meningkatkan pembinaan para tenaga ahli dan tenaga terampil di Bengkulu, Hiptasi harus lebih giat lagi melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) baik yang diselenggarakan oleh LPJK PUPR maupun yang dilaksanakan oleh Asosiasi Profesi khususnya Hiptasi. Diharapkan DPD Hiptasi juga dapat memberikan kontribusinya dalam pembangunan dan pemanfaatan sumber daya manusia jasa konstruksi sehingga dapat secara maksimal dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Bengkulu dan akan menjadi kekuatan daerah yang mandiri. Untuk para pengurus baru yang terpilih, jadilah pengurus yang amanah , melayani kepentingan masyarakat jasa konstruksi dengan ikhlas dan sepenuh hati serta berperan aftif dalam pelaksanaan pembangunan sesuai dengan bidang tugasnya khususnya bidang jasa konstruksi di provinsi Bengkulu. Pada akhir sambutannya Kepala Dinas Bina Marga Bengkulu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan berpartisipasi dalam Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu sekaligus membuka secara resmi acara Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu.


Dalam Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu dihadiri juga oleh Gubernur Provinsi Bengkulu yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Wahyunir, ST. Dalam sambutannya Gubernur menyambut baik dilaksanakannya Musda ini, yang menjadi perekat antara Pemerintah Daerah dengan Asosiasi Profesi. Dengan adanya Musda ini Pemerintah Daerah dapat memonitor kegiatan Hiptasi dalam kegiatan sertifikasi tenaga ahli dan tenaga terampil. Gubernur mengharapkan Hiptasi dapat lebih berperan lagi dalam mencetak tenaga ahli dan tenaga terampil di Provinsi Bengkulu sehingga dapat menjadikan tenaga ahli dan tenaga terampil lebih profesional dan berkualitas dalam perannya turut membangun Provinsi Bengkulu. Kepada Ketua Umum DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu yang terpilih nanti, Hiptasi harus dapat lebih baik lagi dalam melayani pemohon sertifikasi , lebih amanah dan tulus dalam melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan jasa konstruksi. Pada akhir sambutan Gubernur mengucapkan selamat menjalankan Musda, semoga sukses dan berjalan dengan lancar.


Pada akhir acara dalam pelaksanaan Musda DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu, Sucipto, ST. MM terpilih kembali secara aklamasi menjabat sebagai Ketua Umum DPD Hiptasi Provinsi Bengkulu untuk periode Tahun 2021 – 2026. Selamat bertugas kepada Ketua Umum beserta jajaran pengurus yang baru semoga sukses dan amanah dalam mengemban tugas di bidang jasa konstruksi.