450 Kepala sekolah Di kukuhkan walikota Jakarta Selatan sebagai Duta PMI

Andi gumilar Jumat | 12 Agustus 2022 | WIB
450 Kepala sekolah Di kukuhkan walikota Jakarta Selatan  sebagai Duta PMI
Foto: Istimewa

SwaraJakarta.com -
Jakarta, Pemkot Jaksel menggelar Apel Pengukuhan Para Kepala Sekolah se-Jakarta Selatan. Sebagai Duta Palang Merah Indonesia di halaman kantor walikota, Kamis (11/8/2022)
Sebanyak 450 Kepala Sekolah yang hadir, mulai tingkat SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTS), SMA, SMK dan Madrasah Aliyah atau yang sederajat berasal dari 10 Se-Kecamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan.
Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris Mengatakan PMI sebagai memegang mandat tugas pemerintah dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana tentu membutuhkan biaya atau anggaran yang besar.
“PMI Kota Administrasi Jakarta Selatan saat ini telah menjalankan program bulan dana, program ini dilaksanakan 3 bulan, di mulai tanggal 1 Juli sampai 30 September 2022,” ujarnya.
Dalam pelaksanaan program bulan dana, Abdul Haris berharap, adanya terobosan baru dalam pengumpulan dana.
“Misal dengan mengajak masyarakat menengah ke atas untuk turut membantu PMI dalam meningkatkan perolehan dana,” katanya.
Tak hanya itu, Abdul Haris juga membentuk Duta PMI. Duta menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah orang yang diutus oleh pemerintah untuk melakukan tugas khusus.
“Tugas ini sangatlah tepat bila ibu atau bapak Kepala Sekolah dinobatkan menjadi Duta PMI. Dalam hal ini, tugas khusus tersebut adalah membantu palang merah Indonesia dalam menjalankan bulan dana, sebagai upaya dalam meningkatkan perolehan bulan dana,” terangnya.
Ditambahkan Abdul Haris, dalam kegiatan pengukuhan duta PMI bagi Kepala Sekolah, bertujuan untuk mempererat dan memperoleh nilai kepalang merahan serta pencapaian dana secara maksimal.
Sebagai upaya dalam melaksanakan 7 prinsip gerakan palang merah dan sabit merah yaitu;
1. Kemanusiaan
2. Kesamaan
3. Kenetralan
4. Kemandirian
5. Kesukarelaan
6. Kesatuan
7. Kesemestaan
Sebagai informasi, pada tahun 2021 perolehan dana PMI sebesar Rp 8,1 miliar lebih dan salah satu pendapatan terbesarnya adalah dari dunia pendidikan yaitu Rp 4,9 miliar lebih.
Dalam kegiatan ini turut hadir Walikota Jakarta Selatan, Munjirin.( Melard - 04 )